5 Faktor Kreatif Dalam Penataan Halaman Perkantoran

5 Faktor Kreatif Dalam Penataan Halaman PerkantoranBekerja ke kantor identik dengan melakukan tugas rutin yang diemban. Kantor sebagai tempat kerja, ibarat rumah kedua bagi siapapun yang bekerja di perkantoran, baik kantor milik pemerintah maupun punya swasta.

Ada tuntutan moral instansi, mengingat situasi pekerjaan yang berat, mesti diimbangi dengan suasana tempat kerja yang nyaman, agar menghasilkan pelayanan yang berkualitas.

Disamping desain interior yang artistik, perlu juga didukung penataan halaman kantor yang lebih menarik. Karena halaman kantor paling awal dan mudah dijadikan indikator penilaian kebersihan dan kerapian perkantoran.

Baca juga: Pengertian Rumah Minimalis dan Contohnya

Untuk faktor kreatif dalam penataan halaman perkantoran tidaklah mudah, tetapi juga tidak terlalu sulit, selama punya niat sungguh-sungguh penuh kreatifitas dengan memperhatikan beberapa faktor kreatif seperti paparan pengalaman berikut ini.

5 Faktor Kreatif Dalam Penataan Halaman Perkantoran

1. Keadaan Halaman

Bagaimanapun keadaan halamannya, sempit atau lebar, rendah atau tinggi, tetap bisa diatur sesuai situasi, menurut selera penataan yang diinginkan. Bagian mana untuk halaman parkir, dan tempat yang lainnya untuk taman halaman.

2. Kepedulian Atasan

Pimpinan yang peduli selalu mengontrol, bagaimana kebersihan halaman, kondisi tanaman di taman halaman, dan kerapian halaman kantor.

3. Kebersamaan Bawahan

Kalau pimpinannya sudah peduli, tentu para pegawai selaku bawahan juga harus turut peduli untuk mengatur, ikut menata halaman perkantoran dan ruangan tempat kerjanya.

4. Ketersediaan Anggaran

Pemeliharaan kantor memerlukan biaya, dana tertentu, khususnya untuk membayar jasa petugas kebersihan, penata halaman, atau untuk membeli keperluan rutin bahan habis pakai dan alat-alat kebersihan

5. Keterlibatan Pelanggan

Ada motto, konsumen atau pelanggan adalah raja. Pelanggan dalam hal ini bisa juga pengunjung kantor mesti dilibatkan juga partisipasinya dalam menjaga kebersihan halaman atau ruangan perkantoran yang telah tertata rapi.

Demikianlah sekelumit faktor kreatif dalam penataan halaman perkantoran yang dipaparkan berdasarkan pengalaman selama bertugas mengabdi di sebuah kantor pelayanan publik milik pemerintah. Paparan pengalaman inipun bisa juga memiliki kemiripan keadaan dengan bagaimana menata halaman kantor lain di instansi non pemerintah.

Semoga bisa memberikan wacana bersama yang lebih bermanfaat.